24 Aug

“Harga manusia itu dilihat dari produktivitasnya, karena manusia itu tidak enak dagingnya,” begitulah salah satu motto yang seringkali digaungkan oleh Buya. Drs. KH. Saeful Azhar.

Pada tanggal 13 Muharram 1443 H, tepat pada hari Ahad (22/8) siang, Buya memperingati hari jadinya yang ke-81 tahun, diiringi pula dengan acara Peletakan Batu Pertama pada pagi harinya.

Acara yang dipanitiai oleh Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Al-Basyariyah (IKAPA) ini dihadiri oleh seluruh santri, perwakilan alumni dari tiap-tiap angkatan, pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKAPA, Forum Silaturahmi Guru Al-Basyariyah (FOSGA), pun seluruh keluarga Bumi Jannah Iliyyin (BJI). Acara yang diselenggarakan di Aula ini terbilang cukup sederhana, mengingat hal tersebut dilakukan atas dasar upaya menanggulangi penyebaran COVID-19. Meski sederhana, acara tetap berjalan khidmat, dimulai dari pukul 13.00 s/d 15.30 WIB.

Diawali dengan penampilan hadroh, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh alumni Angkatan 29, M. Iqbal Khoir, lalu disambung dengan sambutan-sambutan dari Al-Ustadz H. Jajang Rohman, S.Pd.I selaku Ketua Umum DPP IKAPA, Al-Ustadz H. Ujang Husni, S.Pd.I. selaku Ketua FOSGA, serta Al-Ustadz H. Zen Anwar Saeful Basyari, S.Pd.I. selaku Ketua Yayasan BJI.

Setelah itu, Buya menyampaikan dua buah amanat sebagai berikut :

  1. Bantulah panitia Masjid untuk mensukseskan pembangunan Masjid Jami Al-Basyariyah,
  2. Jadikan pembangunan Masjid Jami Al-Basyariyah itu sebagai momentum untuk mempererat silaturahmi antar alumni.

Tak lupa demi menuai keberkahan atas bertambahnya usia sang Kyai, dibacakanlah tawassul oleh KH. Moch. Dede Miftahuddin AF. Kemudian biografi perjalanan hidup Buya dibacakan oleh Al-Ustadz H. Irwan Setiawan, M.Ag. dan Al-Ustadzah Hj. Inna Siti Nurhasanah, S.Ag., M.M.Pd. Peringatan Milad Buya ini diakhiri dengan penyerahan hadiah dari OSPA Putra, OSPA Putri, IKAPA, FOSGA juga keluarga BJI.

“Semoga dengan usia Buya yang ke-81 ini tidak menjadikan Langkah Buya terhenti untuk terus mengembangkan pondok ini. Semoga Buya selalu dikuatkan serta dilimpahkan rezekinya, terutama dalam pembangunan Masjid yang merupakan cita-cita terbesar Almarhumah Hj. Umi Syaja’ah,” ujar Syakira Roudlotul Anwar, Ketua OSPA Putri Periode 2021-2022.

Leave a Comment