27 Jul

previous arrow
next arrow
Slider

Bagian Ta’lim Wal Ibadah OSPA Masa Bakti 2020-2021 Putra telah menyelenggarakan salah satu agendanya, yaitu pelatihan manasik haji yang dilaksanakan pada Ahad (26/07). Kegiatan tersebut diikuti oleh 253 santri yang terdiri dari siswa kelas 4 sampai kelas 6 TMI di bawah bimbingan KH. Dede Miftahudin selaku pimpinan PP. Al-Basyariyah 1 Cibaduyut sekaligus Yayasan KBIH Minda Al-Miftahiyah.

Pelatihan manasik ini merupakan inovasi baru dari bagian Ta’lim Wal Ibadah dan pertama kali diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Basyariyah. Oleh karenanya, para peserta diharapkan bisa mempelajari, memahami dan juga mengamalkan ilmu dari pelatihan ini.

“Kita bisa mempelajari, memahami dan mempraktekkan salah satu rukun islam yang ke-5, yakni ibadah haji. Di dalamnya, pasti ada ibadah umroh. Artinya, kita sudah lama-lama belajar untuk mengenal, memahami dan in syaa Allah mengamalkan ilmu manasik dan umroh,” ujar KH. Dede Miftahudin saat diwawancarai.

Acara ini pun mendapatkan antusias dari para asatidz dan berbagai pihak lainnya, karena mempelajari ilmu manasik ini wajib bagi orang yang akan melaksanakan ibadah haji. Atas dasar tersebut, bagian Ta’lim Wal Ibadah berinisiatif untuk mengadakan acara ini agar suatu saat jika para santri akan melaksanakan ibadah haji, mereka sudah tahu dasarnya.

“Untuk pemula menurut Ustadz sudah luar biasa dan ini bisa terlaksana berkat do’a dari Buya, ridho dari Buya, berkah do’a dari guru-guru dan keseluruhan dari santri hingga terasa lancar, dan untuk menyempurnakan harus ada pengalaman yang berkali-kali, karena suatu ibadah tanpa ilmu akan ditolak dan tidak diterima,” pungkasnya.

(Penulis : M. Agung Lutfiana Rosyid_BIPD)

Leave a Comment