11 Jan

Al Basyariyah sebagai institusi pendidikan sangat mementingkan kegiatan pramuka semenjak pondok tersebut didirikan, mengingat pramuka merupakan salah satu sarana edukasi yang takkan pernah lekang oleh zaman. Sebab itulah, Pekan Bantara-Laksana kembali diadakan di Pondok Pesantren Al Basyariyah dengan diikuti oleh santri kelas 4 & 5 TMI sederajat di bawah bimbingan jajaran pengurus Koordinator Gerakan Pramuka (KOPRAM).

Pertengahan November 2018, para santri berkumpul di lapangan Rayon A guna mengikuti upacara pembukaan Bantara-Laksana. Seluruh adika bantara dan laksana ini dibagi menjadi 14 sangga untuk bantara dan 14 sangga untuk laksana, sehingga lingkungan pesantren dipadati oleh partisipan yang sangat antusias dalam melaksanakan event ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter, menguasai keterampilan dan kecakapan serta mengasah kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme. Namun sehubungan pondok dalam suasana Ujian Pertengahan Tahun, maka agenda ditunda untuk sementara waktu dan akan dilanjutkan setelah ujian berakhir.

Agar memperoleh pembekalan ilmu kepramukaan yang memadai, KOPRAM mengadakan pengujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) selama kurang lebih satu bulan yang dilaksanakan setiap harinya, kecuali pada hari Rabu dan Sabtu. Para adika dituntut untuk melengkapi semua poin yang tertera dalam SKU, yang meliputi pengetahuan agama, umum dan kepramukaan.

Setelah menyelesaikan poin-poin tersebut, maka dilanjutkan dengan perkemahan dan api unggun yang dimulai dari Kamis (3/1) sampai dengan Sabtu (5/1) bertempat di Bumi Perkemahan Gunung Puntang, Pangalengan. Kemudian, para peserta akan dilantik secara resmi dalam beberapa waktu ke depan sebagai tanda bahwa mereka telah lulus dalam menyelesaikan SKU serta dapat melanjutkan ke tingkatan berikutnya.

Leave a Comment