12 Oct

OSPA (Organisasi Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah) Putra Masa Bakti 2020-2021 telah mengadakan acara pelatihan tata cara  mengurus jenazah yang diadakan oleh Bagian Ta’lim Wal Ibadah pada hari Jumat (09/10) lalu.

Pelatihan tata cara mengurus jenazah ini memiliki tujuan agar mencetak atau membekali santri, serta mampu menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh santri kelas 4, 5, dan 6 TMI sederajat atau yang disebut marhalah ‘ulya. Al-Ustadz Jajang Rohman, S.Pd.I merupakan narasumber pada pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini, seluruh tata cara pemulasaraan jenazah diajarkan, mulai dari mengenali orang yang sakaratul maut, men-talqin-kan mayit hinggga mengenali apakah orangnya sudah meninggal atau belum dan lain sebagainya.

Pelatihan ini hanya diikuti oleh marhalah ‘ulya agar bisa menjadi pembelajaran terkhusus bagi dirinya sendiri, umumnya bagi adik kelasnya yang kelak akan meneruskan estafet jihad mereka. Adapun tempat yang digunakan untuk pelatihan ini yaitu :

  • Auditorium/aula yang digunakan untuk seminar/pengarahan
  • Pinggir masjid sebagai lokasi praktek pemandian jenazah
  • Masjid sebagai lokasi praktek mengkafani dan menshalatkan jenazah
  • Depan gedung KH. Amin sebagai lokasi praktek pemakaman jenazah

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan santri dalam mengurus jenazah”, ujar Fauzi Gymnastiar selaku Bagian Ta’lim Wal Ibadah.

Leave a Comment