08 Oct

Bagian Ta’lim Wal Ibadah OSPA Putra Masa Bakti 2020-2021 telah mengadakan pelatihan penyembelihan hewan kurban pada Jumat (25/09) lalu di kampus putra Pondok Pesantren Al-Basyariyah.

Pelatihan ini bertujuan sebagai bekal untuk para santri agar mampu melayani masyarakat dalam menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam, baik itu menyembelih ayam, kambing, atau sapi. Karena tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Oleh karenanya, santri harus tampil di segala panggung kebaikan.

Al-Ustadz Endang Suhendi, S.Ag selaku direktur TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah bertindak sebagai narasumber dalam seminar ini. Seluruh tata cara penyembelihan hewan kurban beliau jelaskan secara mendetail berdasarkan tuntunan Al-Quran dan As-Sunnah, baik itu dalil maupun doa-doa yang dibacakan pada saat penyembelihan.

Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu teori dan praktek. Adapun sesi teori di pagi hari dihadiri oleh seluruh santri putra, sedangkan sesi praktek yang dilaksanakan pada siang harinya hanya diikuti oleh santri marhalah ‘ulya, yaitu kelas 4 TMI, 5 TMI dan 6 TMI.

“Alhamdulillah, begitu banyak pelajaran yang sudah saya dapat dalam penyembelihan ini.saya jadi tahu cara menyembelih yang baik seperti syarat syaratnya,bahkan saya juga jadi tahu alat apa yang digunakan dan alhamdulillah saya juga yakin nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat nanti,” ucap Guntur Gunawan (5 TMI) setelah mencoba mempraktikkan penyembelihan kambing di belakang Gedung Eyang Siti Jumroh.

Setelah shalat isya, acara ini ditutup dengan makan daging hasil praktik penyembelihan tadi. ”Saya berterima kasih banyak yang telah mengadakan pelatihan ini alhamdulillah acara sukses dari awal hingga akhir. Pesan saya untuk bagian ta’lim selanjutnya agar bisa mengadakan penyembelihan sapi,” ujar Taufik Hidayat (5 TMI).

Leave a Comment