10 Apr

previous arrow
next arrow
Slider

HARI INI, SANTRI AL-BASYARIYAH IKUTI UJIAN AKHIR TAHUN

Sabtu (10/4) – Sebanyak 1.832 orang yang terdiri dari 724 santriwan dan 1.108 santriwati berkumpul memenuhi Auditorium Utama untuk mengikuti upacara pembukaan Ujian Akhir Tahun Pelajaran 2020-2021. Untuk pelaksanaan UAT kali ini tidak melibatkan santri kelas 6 TMI sederajat atau yang familiar disebut dengan Niha’i, sehubungan mereka sedang menjalankan dakwah pondok.

Upacara ini merupakan agenda wajib sebelum dimulainya ujian, yang bertujuan untuk membakar semangat para santri untuk menghadapi ujian. Agenda ini diisi dengan laporan ketua panitia pelaksana, Al-Ustadz Usman Agustin, S.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dibawakan oleh Al-Ustadz Endang Suhendi, S.Ag. selaku Direktur TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah dan juga Al-Ustadz H. Zen Anwar Saeful Basyari, S.Pd.I. selaku Wakil Pimpinan Pondok sekaligus membuka kegiatan UAT secara resmi.

Setelah sambutan dan pembukaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib ujian oleh Al-Ustadz M. Alfi Saeful Basyari, BS. selaku Komite Disiplin UAT 2020-2021. Lalu diakhiri dengan pembacaan doa oleh Al-Ustadz Musawa Fudhoil, S.Ag.

Adapun pelaksanaan Ujian Tulis akan berlangsung selama 15 hari, hingga hari Ahad (24/4) mendatang. Ketua Panitia, Al-Ustadz Usman Agustin, S.Pd. mengaku bahwa pelaksanaan UAT tahun ini dirasa cukup berat, berhubung masih dalam situasi pandemi Covid-19, pun bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1442 H. Meski demikian, hal tersebut tidak memadamkan semangat juang panitia UAT dalam menjalankan peran, fungsi dan tugasnya.

Beliau berpesan, “Awali semua dengan Bismillah, niatkan semuanya untuk ibadah. Tetap semangat untuk para santri, jangan pernah lelah. Puasa itu bukan alasan untuk kita tidak belajar, bukan alasan untuk kita bercapek-capek. Kami segenap panitia berdoa mudah-mudahan seluruhnya diberi kesuksesan dan kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin”.

Leave a Comment