14 Feb

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

 

“Sungguh, Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran. Adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”  (Q.S Al-Qomar:17)

Organisasi santri pondok pesantren Al-Basyariyah (OSPA) telah mengadakan acara wisuda tahfidz Jam’iyyatul Huffadz (JMH) 1-5 juz yang dipanitiai oleh bagian Ta’lim Wal Ibadah pondok pesantren Al-Basyariyah pada jum’at (08/02) lalu.

Acara wisuda tahfidz ini dihadiri oleh Mudirotul ma’had usth.Hj.Inna Siti Nurhasanah S.Ag M.M.Pd, ust.Kunkun Aryadi S.Hum, usth.Dra.Badriyah Ama, ust.Musawa Fudhoil S.Ag dan majelis pembantu pimpinan pondok (MP3), juga turut mengundang orangtua wisudawati untuk ikut serta dalam melihat anaknya di acara wisuda tahfidz tahun ini.

Wisudawati tahun ini berjumlah 50 rang. Juz 1 yang berjumlah tujuh belas orang, juz 2 berjumlah tujuh belas orang, juz 3 berjumlah tiga belas orang, juz 4 berjumlah satu orang, dan juz 5 yang berjumlah dua orang. Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Mudirotul ma’had, pemanggilan wisudawati jam’iyyatul Huffadz, perwakilan wisudawati untuk membaca hafalan ayat suci Al-Qur’an sesuai juz yang dihafalnya di depan para hadirin, dan penyematan simbolis per juz serta pemberian piagam kepada wisudawati oleh Mudirotul Ma’had.

Penyematan simbolisme Mahkota dipersembahkan oleh salah satu wisudawati kepada orang tuanya sebagai simbolisme karena kelak diakhirat nanti anak yang solihah lah yang akan menolong orangtuanya dari panasnya api neraka, yaitu anak yang senantiasa menghafal Al-qur’an dan memuliakanya. Simbolis ini disematkan oleh Amelia Solihah, santri kelas Niha’I yang pada tahun ini ia berhasil menghafal Al-Qur’an sebanyak lima juz. “Saya bangga kepada anak saya yang berhasil menghafal Al-Qur’an walaupun baru mencapai lima juz” ujar orangtua wisudawati disela-sela sambutanya.

Demikian serangkaian acara wisuda tahfidz di tahun ini. Alhamdulillah wisuda tahfidz tahun ini diadakan kembali oleh OSPA,semoga ditahun yang akan datang juga ada wisuda tahfidz jam’iyyatul Huffadz dan semakin banyak para penghafal Al-Qur’an-Nya. Acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Ust.Musawa Fudhoil S.Ag dan Foto bersama wisudawati. “Semoga dengan diadakan acara wisuda tahfidz ,santri semakin terinspirasi untuk menghafal Al-Qur’an” ujar Amelia Solihah ketika diwawancarai mengenai harapan Jam’iyyatul Huffadz.

 

 

Leave a Comment